Revolusi Teknologi Komputer Generasi Keempat

komputer generasi keempat

Komputer generasi keempat, yang dimulai pada tahun 1970, merupakan tonggak sejarah yang mengubah wajah teknologi komputer. Setelah era Integrated Circuit (IC), fokus utama pengembangan beralih pada pengecilan ukuran sirkuit dan komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) menjadi kunci, memungkinkan ratusan komponen disatukan dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) bahkan mampu memuat ribuan komponen dalam satu chip tunggal.

Evolusi Komponen Elektronik

Kemajuan ini tergambar jelas dalam penggunaan Ultra-Large Scale Integration (ULSI), yang mampu menampung jutaan komponen dalam keping setengah uang logam. Tak hanya mengecilkan ukuran, ULSI juga membawa penurunan harga dan ukuran komputer, sementara meningkatkan daya kerja, efisiensi, dan keterandalan.

Sebagai contoh, Intel 4004, yang lahir pada tahun 1971, membawa revolusi dengan menempatkan seluruh komponen komputer dalam satu chip kecil. Hal ini berbeda dengan IC sebelumnya yang dirancang untuk tugas spesifik. Mikroprosesor, yang kini dapat diproduksi dan di program untuk memenuhi berbagai kebutuhan, menjadi inti utama dalam perkembangan ini.

Demokratisasi Penggunaan Komputer

Dengan perkembangan ini, penggunaan komputer tidak lagi terbatas pada perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan 1970-an, mini komputer mulai ditawarkan kepada masyarakat umum oleh perakit komputer. Paket peranti lunak yang mudah digunakan membawa komputer ke rumah tangga, mengubahnya dari alat yang eksklusif menjadi sesuatu yang dapat diakses oleh orang-orang biasa.

Perangkat lunak seperti program word processing dan spreadsheet menjadi sangat populer. Pada awal 1980-an, popularitas video game seperti Atari 2600 membantu menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Ciri-Ciri Utama

Beberapa ciri khas komputer generasi keempat mencakup penggunaan LSI (Large Scale Integration) atau Bipolar Large Scale Integration, penggunaan mikroprosesor dan semikonduktor berbentuk chip untuk memori komputer. Contoh nyata adalah komputer IBM 370 yang menggunakan mikroprosesor Intel 4004 yang dikembangkan oleh Intel Corporation pada tahun 1971.

Perkembangan personal computer (PC) juga mencuat pada periode ini, terutama sejak tahun 1977 dengan munculnya komputer seperti Apple II dan desktop computer oleh Xerox Corporation. Pada tahun 1981, sistem operasi Windows dan penggunaan mouse mulai menjadi tren di dunia komputer.


Teruslah menggali pengetahuan dengan membaca artikel teknologi lainnya di situs ini:


Penutup

Dengan demikian, era komputer generasi keempat tidak hanya menciptakan teknologi yang lebih maju, tetapi juga membuka pintu bagi masyarakat umum untuk mengakses dunia komputer. Perkembangan ini membentuk pondasi bagi perkembangan teknologi informasi modern. Untuk tetap relevan, penting bagi individu dan perusahaan untuk terus mengikuti perkembangan teknologi ini, serta memahami dampaknya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pemahaman ini, kita dapat lebih baik memanfaatkan potensi teknologi untuk keberlanjutan dan kemajuan.


Anda telah membaca artikel tentang "Revolusi Teknologi Komputer Generasi Keempat" yang telah dipublikasikan oleh Sumber Blog. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan dan informasi. Terima kasih.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *