Saat ini berkat kemajuan teknologi, sangat banyak sekali website atau platform yang menawarkan untuk membuat desain logo secara online. Perlu diketahui bahwa desain logo dapat digunakan sebagai ikon sebuah brand atau merk yang akan berpengaruh besar terhadap citra yang akan dihasilkan.
Citra bagaimana konsumen memandang output yang disajikan sehingga hal tersebut tentunya sangat menentukan sikap konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan melalui ketertarikan dan loyalitas.
Nah, itulah yang menjadikan membuat desain logo efektif menjadi sesuatu hal yang krusial agar dapat mendapatkan konsumen tetap yang setia dan tidak akan berpaling hati di kemudian hari.
Tips Mendesain Logo agar Efektif
Untuk membuat desain logo yang efektif, ada beberapa tips yang dapat anda gunakan sebagai referensi yang bermanfaat.
- Cara pertama, Gunakan logo yang mudah dipahami namun tetap memiliki abstraksi yang tinggi.
- Tidak dianjurkan memasukkan bentuk generik pada desain logo misalnya panah keatas, ke kanan, ke kiri atau kebawah. Jika tetap ingin menggunakannya, tambahkan desain yang lebih unik agar menarik.
- Pastikan logo tetap menonjol diatas latar belakang gelap, terang atau menengah
- Untuk memudahkan percetakan pada media atau pun kaos, Perhatikan dengan seksama bentuk mentah logo tanpa warna atau efek.
- Rancang logo degan simple namun tetap sesuai dengan kebutuhan respons konsumen
- Desain seunik dan semenarik mungkin dan seestetik mungkin sesuai dengan selera konsumen.
Jenis-jenis Logo
Berikut ini beberapa jenis logo yang sering digunakan:
1. Logo Ikon
Pada umumnya terdapat beberapa jenis logo dengan bentuk yang berbeda-beda dan memberikan vibes yang berbeda pula. Logo ikon salah satunya, sebuah logo yang menggunakan kemiripan sekaligus mewakili produk atau nama dari perusahaan terkait.
2. Logo Indeks
Cara kerja logo indeks menggunakan keterkaitan merek yang diwakili. Kelebihan logo ini lebih memorable karena memberikan hiburan yang intelek atau mendidik. Misalnya saja Shell yang digunakan untuk mewakili cangkang jadi menggunakan gambar kerang.
3. Logo Simbol
Dalam logo simbol ini tidak ada keterkaitan atau kemiripan didalamnya, hanya saja memiliki filosofi tersendiri. Logo jenis ini lebih cocok digunakan bagi perusahaan atau instansi yang bergaya militer dan tidak bergantung pada lembaga non profit atau perusahaan.
4. Logo Teks
Logo teks merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan selain dari logo ikon. Dalam logo tersebut hanya menggunakan teks saja. Banyak perusahaan ecommerce yang menggunakan logo ini agar dapat sekaligus mempromosikan alamat domainnya.
Sumber blog: Nama Blogku – Jenis-jenis logo dan Cara Desain Logo Online agar Efektif